Cara Membuka Presentasi Dalam Bahasa Inggris - Tips Dan Contoh Kalimat Pembuka

28
.
05
.
2024
Guru Bahasa Inggris

Tugas menjelaskan sesuatu emang kadang bikin kepala pusing. Anda pasti suka kesal sendiri karena gak tahu gimana caranya bicara di hadapan banyak orang. Apalagi kalau ngomongnya pakai bahasa Inggris, tambah puyeng deh! Nah, biar gak kagok ketika mempresentasikan, kamu harus memulainya dengan baik. So, mimin  kita akan bahas cara membuka presentasi dalam bahasa Inggris. Simak sampai habis, ya!

Pentingnya Membuka Secara Baik

Pengen jadi presenter? Well, opening yang baik wajib banget jadi perhatian. Tapi nih, sebelum mimin bocorin cara membuka  atau melakukan presentasi dalam bahasa inggris, ada baiknya mengetahui beberapa alasannya: 

  • Memberikan Kesan Pertama 

Memulai presentasi dalam bahasa inggris adalah kesempatan terbaik memukau audiens. Kalau kamu berhasil memberikan kesan memikat, dijamin mereka akan mendengar sampai selesai.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menjelaskan dalam bahasa inggris memang cukup challenging. Tapi, gak usah panik. Awal yang berkesan bisa meningkatkan rasa percaya diri kok. Pembukaan presentasi yang menarik dengan sendirinya membuat kamu yakin dengan materi kamu.

  • It Leaves a Lasting Impression

Opening memikat, kepercayaan diri meningkat, ujungnya adalah akan membekas dalam ingatan audiens. Ibarat tukang sulap, kamu sudah berhasil ngehipnotis pendengar untuk terus mikirin apa yang  telah dibicarakan.

Itulah alasan kenapa cara membuka presentation bahasa Inggris itu penting banget. Nah, setelah mengetahui apa pentingnya kalimat pembuka presentasi, langsung aja simak contoh cara membuka dalam bahasa Inggris berikut.

Cara Memulai Presentation Bahasa Inggris

Ada banyak cara atau metode dimana  bisa dipakai untuk memulai sebuah presentasi. Berikut dijelaskan 4 macam cara membuka presentasi menggunakan bahasa inggris.

Awali Perkenalan Diri

  1. Welcome, fantastic audience! I’m so excited to see you here. My name is (your name)

Selamat datang, para audiens sekalian. Saya sangat bersemangat bisa melihat kalian di sini. Nama (______ )

  1. Good afternoon! My name’s (your name). We're here to elaborate some critical minds about free speech in social media

Selamat sore! Nama (_____). Kita berada di sini hendak mengelaborasi pandangan kritis tentang kebebasan berbicara di sosial media

  1. Happy Friday ladies and gentlemen. You can simply call me (your name). The purpose of this meeting is to collect ideas on effective general election system 

Selamat hari Jumat bapak ibu. Kalian boleh panggil _____. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengumpulkan ide tentang sistem pemilu yang efektif 

  1. Hello, wonderful people. I am (your name) and  welcome to this insightful talk about quantum physics

Hallo, orang-orang hebat! ______  dan selamat datang dalam pembicaraan mendalam tentang Fisika kuantum

Demikian cara pertama yang penting dilakukan perihal membuka presentasi dalam bahasa inggris. 

Jelaskan Pokok Bahasan

Berikut beberapa poin penting ketika membuka presentation memakai bahasa inggris. 

  1. The essence of my quick speech is about adolescence’s mental health issues 

Inti dari pemaparan singkat saya adalah isu kesehatan mental remaja

  1. I am here to share some insights around digital journalism 

Saya disini hendak pandangan tentang jurnalisme digital 

  1. The main issues of this brief talking are as follows 

Isi-isu utama dalam pembicaraan  adalah sebagai berikut 

  1. Hello everyone! This morning we’re going to set eyes on some recent innovations on smartphone industry

Halo semua! Pagi ini kita melihat inovasi-inovasi terbaru industri smartphone.

  1. Happy world environment day. Let me tell you that our spotlight of today is about environmental ethics and we’ll uncover how they’re integrated to public policies

Selamat merayakan hari lingkungan sedunia. Hari ini kita akan menyoroti masalah etika lingkungan serta menemukan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam kebijakan publik

  1. It's unbelievable to be here.  In this very costly occasion, we will talk about the rapid development of artificial intelligence technology 

Rasanya luar biasa bisa berada di sini. Di kesempatan berharga ini, kita membahas perkembangan pesat teknologi kecerdasan buatan.

Mulai Lempar Pertanyaan

Membuka atau memulainya pakai pertanyaan bisa membuat audiens langsung tertantang untuk memikirkan sesuatu. 

  1. If you were in the early 1900s now, would you imagine that humans can make a digital version of themselves?

Jika sekarang kalian berada di awal 1900an, apakah kalian bisa membayangkan bahwa suatu saat manusia akan membuat versi digital dari dirinya?

  1. How many of you agree that Indonesia is the prettiest country in the world ?

Ada beberapa dari kalian setuju bahwa Indonesia adalah negara tercantik di dunia?

  1. Could you reveal a correlation between the lack of self-esteem and the rise of death toll from suicide?

Apakah kalian mampu menemukan hubungan antara kurangnya penghargaan diri dan angka kematian akibat bunuh diri?

  1. Have you ever thought how Japan could turn destruction into success?

Pernahkah Anda berpikir bagaimana Jepang dapat mengubah kehancuran menjadi kesuksesan?

  1. What if I ask you to think a bit of why you are here right now? What are you looking for and where is life going to get you to?

Bagaimana jika saya meminta kalian untuk berpikir sedikit tentang kenapa kalian ada di sini sekarang? Apa yang kalian cari dan kemana hidup akan membawa kalian?

Menjelaskan Roadmap Presentasi

  1. I think it would be better if I make a start point by stating the roadmap of our talk subject. This presentation is splitted into three sections

Saya pikir lebih baik jika saya mulai dengan menjelaskan peta jalan dari topik pembicaraan kita . Presentasi ini dibagi ke tiga bagian

  1. Our discussion will  take 30 minutes of time. The first 20 minutes is for presentation and another 10 minutes will be for Q & A session

Diskusi kita pada hari ini berlangsung selama 30 menit. 20 menit pertama adalah untuk presentasi dan 10 menit sisanya adalah sesi tanya jawab

  1. There are three major issues of this remarkable dialogue. In the first place, we will have a conversation on the carbon trade mechanism.

Ada tiga isu utama dalam dialog ini. Pertama-tama kita akan bicara soal mekanisme perdagangan karbon

  1. Here's the order of our general lecture today 

Berikut adalah urutan kuliah umum kita pada hari ini

  1. I will divide this topic into these three following sections

Saya akan membagi topik menjadi tiga bagian berikut 

Demikianlah beberapa cara membuka sebuah penjelasan ketika anda menjadi seorang speaker. Nah berikut beberapa contoh yang bisa menjadi cara terbaik bagi sobat untuk belajar membuka presentasi di acara apapun. 

Beberapa contoh

Mari simak beberapa contoh membuka presentasi dalam bahasa inggris. Kira bisa jadi salah satu cara agar lebih memahaminya. 

  • Contoh 1: Pendekatan Berita Terkini

"Good morning everyone, thank you for being here today. Did you know that just last week, [relevant news or statistics]? This really highlights the importance of our topic today, which is [your topic]. By the end of the presentation, you’ll have a deeper understanding of [specific aspect or benefit]."

  • Contoh 2: Mengajukan Pertanyaan yang Memancing Pikir

"Hello and welcome! Let me start with a question: Have you ever wondered why [relevant question]? It’s something that affects us all, yet many of us don't realize it. Today, I'm going to explore [your topic], and by the end, you’ll see how it impacts our lives in ways you might not have expected."

  • Contoh 3: Memulai dengan Kutipan

"Good afternoon everyone, it’s a pleasure to see you all here. I’d like to begin with a quote by [author]: '[relevant quote].' This quote perfectly encapsulates the essence of what I want to discuss with you today: [your topic]. Together, we’ll delve into [key points or goals of your presentation]."

Beberapa cara pembukaan dalam bahasa inggris di atas bukan menjadi tolok ukur utama. Tetapi sobat tentu diberi ruang membuat bentuk lain.

Sekarang udah tahu dong, cara membuka presentasi dalam bahasa Inggris, iya kan? Kalau kamu tertarik menjadi seorang pembicara ulung, wajib sih menguasai cara membuka presentasi ini. Terus berlatih dan selamat mencoba, ya!

Nah Interaksi bisa jadi teman perjalanan Anda. Temukan tutor terbaik di sana sekarang juga!

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Block quote

Ordered list

  1. Item 1
  2. Item 2
  3. Item 3

Unordered list

  • Item A
  • Item B
  • Item C

Text link

Bold text

Emphasis

Superscript

Subscript

Baca juga

Mulai dengan kelas pengantar gratis!

Dengan ini, kamu menyetujui syarat dan ketentuan perjanjian pengguna dengan mengirim pesanan

Mulai dengan kelas pengantar gratis!

Nama
Telepon
Email
Kirim pesanan
Dengan ini, kamu menyetujui syarat dan ketentuan perjanjian pengguna dengan mengirim pesanan
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Apa yang kamu dapat di Interaksi?

Guru-guru yang kompeten dan berpengalaman
Kurator pribadi untuk setiap siswa
Kosa kata untuk dunia profesional
Persiapan untuk ujian internasional
Kemungkinan transfer kelas dan pergantian guru secara gratis
Unduh gratis
Dengan ini, kamu menyetujui syarat dan ketentuan perjanjian pengguna dengan mengirim pesanan

Terima kasih! lamaran Anda telah terkirim

Oops! Something went wrong while submitting the form.
Dengan ini, kamu menyetujui syarat dan ketentuan perjanjian pengguna dengan mengirim pesanan

Terima kasih! lamaran Anda telah terkirim

Oops! Something went wrong while submitting the form.
Unduh gratis
Dengan ini, kamu menyetujui syarat dan ketentuan perjanjian pengguna dengan mengirim pesanan

Terima kasih! lamaran Anda telah terkirim

Oops! Something went wrong while submitting the form.
Dengan ini, kamu menyetujui syarat dan ketentuan perjanjian pengguna dengan mengirim pesanan

Terima kasih! lamaran Anda telah terkirim

Oops! Something went wrong while submitting the form.
Permintaan telah dikirim.
Kami akan segera menghubungi Anda via WhatsApp
OK
Permintaan telah dikirim.
Buka Whatapp untuk mengambil hadiah Anda.
OK